Home Papua Barat Umat Stasi Tabam Sere di Tambrauw Benar Memaknai hari Raya Paskah

Umat Stasi Tabam Sere di Tambrauw Benar Memaknai hari Raya Paskah

75

Tambrauw, Jelatanp.com – Mulai pada hari Kamis, (01/21) beberapa pekan lalu hingga hari ini (04/21) Umat beragama Katolik di Stasi Tabam sere kabupaten Tambrauw Papua Barat mengakui benar-benar sudah memaknai kisah sengsara Tuhan Yesus Kristus.

Paskah merupakan salah satu perayaan penting bagi seluruh umat Kristiani di dunia. Paskah dipercaya sebagai hari kebangkitan Yesus Kristus. Adapun sebelum Paskah, ada Masa Prapaskah atau sepekan sebelum Paskah yang disebut Pekan Suci.

Dalam pekan ini, Gereja merayakan misteri keselamatan yang diwujudkan oleh Yesus Kristus sebagai Mesias pada hari-hari terakhir hidup-Nya, ketika Ia memasuki Yerusalem.

Masa Prapaskah, diawali Rabu Abu. Ini berlangsung selama 40 hari, yang merupakan masa tobat. Dalam masa tobat ini, umat beriman melaksanakan Retret Agung merenungkan misteri sengsara dan wafat Tuhan Yesus. Doa Tobat ditandai dengan pantang dan puasa.

Kamis kemarin, Kamis Putih, dilakukan untuk mengenang malam perjamuan terakhir. Yesus mewariskan Ekaristi Kudus dan dilakukan pembasuhan kaki oleh Yesus terhadap murid-murid-Nya yang memperlihatkan semangat kasih dan pelayanan.

“Kamis Putih ini adalah hari terakhir hidup Yesus bersama para murid, 12 rasul. Kamis Putih memperingati perjamuan makan malam terakhir Yesus bersama murid-muridnya. Dan dalam perjamuan makan malam terakhir itu, Tuhan Yesus memberikan warisan rohani yang disebut dengan Ekaristi.

“Selain Ekaristi, ada tradisi Yesus membasuh kaki para Rasul untuk pembersihan dosa. Jadi untuk peribadatan Kamis Putih sore dan malam diperagakan kembali imam yang memimpin misa itu membasuh kaki ke 12 murid. Karena juga mengingatkan makna sebagai pelayan yang berkorban.

Adapun Jumat Agung (Jumat, 2 April 2021). Ibadat Jumat Agung merenungkan dan memperingati misteri sengsara dan wafatnya Yesus disalib demi menebus dosa umat manusia. dilakukan dengan penghormatan salib bagi umat yang hadir dengan cara menghormati dari tempat duduk masing-masing ke depan yaitu Katakis atau para Imam yang mengangkat Salib di bagian depan dan penerimaan komuni.

Mengapa disebut Jumat Agung?

“Karena dari tradisi Injil, pada hari Jumat itulah Yesus mengalami sengsara dan wafat disalib”.

Maka dalam perayaan Jumat Agung akan dibacakan lagi kisah sengsara dalam hidupnya. Bahkan kisah-Nya itu dinyanyikan karena ingin dirayakan kembali kisah pengorbanan Tuhan bagi umat manusia. Kisah pengorbanan-Nya itu dinyanyikan dengan syahdu.

“Dan juga ada penghormatan Salib. Karena Salib persis sebagai simbol dan tempat dimana Yesus mengorbankan diri sebagai penebus dosa Umat Manusia”

Lebih lanjut, guna menyambut Paskah, seluruh umat di stasi Tabam sere distrik Willhem Romboust- kabupaten Tambrauw merangkum sejumlah ucapan Paskah juga penting diberikan kepada siapa saja yang merayakan.

Berikut adalah ucapan Paskah 2021 yang cocok untuk dibagikan baik di media sosial atau orang terkasih, dilansir dari berbagai sumber.

1. Selamat Paskah, harapan manis untuk Paskah yang bahagia dan menyenangkan.

2. Selamat Hari Paskah! Aku harap kamu dikelilingi oleh sinar matahari, bunga, cokelat, dan keluarga di hari bahagia ini.

3. Semoga Paskah memberi Anda senyuman sebanyak yang Anda berikan kepada orang lain.

4. Semoga makna Paskah tercermin dalam hidup Anda dan Anda bersama keluarga mengalami pembaruan cinta dan kebahagiaan.

5. Selamat Paskah 2021. Semoga musim Paskah yang menyenangkan ini memenuhi hati Anda dengan harapan, cinta, dan kedamaian yang diperbarui.

6. Selamat Paskah, semoga di hari bahagia ini, kita menjadi pribadi baru dan lebih baik lagi.

7. Di hari Paskah ini, semoga kasih Tuhan selalu menyertai kita. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kita bisa berkumpul kembali.

9. Semoga semua umat di stasi Tabam sere memaknai arti yang sebenarnya dari hari raya paskah se-dunia ini

10. Selamat Paskah untuk seluruh umat Kristiani. Semoga kita selalu dilimpahi kebahagiaan dan kedamaian.

Sekian dan terima kasih, selamat hari raya paskah,Tuhan Memberkati kita semua.

Reporter: Offy Yumte