Home Meepago SPP Dogiyai: Otsus Bagai Gula-gula untuk Bujuk Anak kecil

SPP Dogiyai: Otsus Bagai Gula-gula untuk Bujuk Anak kecil

843

Dogiyai, jelatanp.com – Solidaritas Perempuan Papua (SPP) di Dogiyai dengan tegas mengatakan, Otonomi Khusus di Papua, baik Provinsi Papua dan Papua Barat sebagai gula-gula (politik) untuk membujuk anak kecil itu tak menyejahterakan Rakyat Papua.

Hal ini dikatakan Maria Goo, kordinator SPP Dogiyai saat menyampaikan orasi politiknya dalam demonstrasi damai penolakan Otsus Jilid II yang digelar di Lapangan Umum Theo Makai, Dogiyai, pada Senin (24/8).

Menurut Goo, karena Otsus bagai gula-gula, ia habis sirna dari dalam mulut saja. Otsus tak pernah memberi kebahagiaan bagi Rakyat Papua karena otsus memang gagal total diimplementasikan di atas Tanah Papua.

“Kehadiran Otsus melalui pemekaran daerah malah merusak tatanan hidup rakyat Papua yang sudah terbina sejak lama. Maka itu, kami dari SPP Dogiyai dengan tegas menolak Otsus Jilid II.”

Dirinya pada kesempatan itu mengaku, ia sebagai pegawai negeri sipil saja tidak tahu apa itu otsus dan bagaimana dana-dana otsus mengalir, apalagi masyarakat akar rumput yang memang tidak tahu-menahu tentang jumlah dana dikucurkan dan pengimplementasiannya demi kesejahteraan rakyat.

“Dana otsus hanya dinikmati oleh segelintir orang saja, tak semua rakyat Papua. Maka kita kembalikan saja berbagai bentuk otsus kepada pihak yang punya kebijakan untuk membuat undang-undang Otsus.”

Lanjutnya, “Saya sebagai seorang perempuan, saya sangat peduli dengan sanksi finansial yang dikenakan kepada seorang perempuan pembela HAM, Veronika Koman. Maka pada kesempatan ini saya akan lakukan ebamukai di lapangan terbuka ini guna melunasi hukuman finansial dari negara miskin.”