Home Berita Seruan ULMWP Untuk Duka Nasional Bangsa Papua Atas Kepergian Andy Ayamiseba

Seruan ULMWP Untuk Duka Nasional Bangsa Papua Atas Kepergian Andy Ayamiseba

309

PANIAI, JELATANP.com – Pimpinan ULMWP Di Tanah Papua keluarkan tata cara Penghormatan Terakhir Bangsa Papua terhadap Andy Ayamiseba, tokoh pejuang Papua Merdeka. Menurut Octovianus Mote bahwa halnya saya teruskan dibawah ini pada hari Sabtu, 22/02/2020 kemarin.

Ia mengatakan, ketika saya memutuskan meninggalkan karier sebagai wartawan Kompas 1999, pindah bergabung dalam perjuangan eksistensi bangsa papua di luar negeri, saya banyak kali kerjasama dan bedah pendapat ketika menyangkut eksistensi perjuangan dengan kaka Andy.

Hal yang biasa karena perjuangan milik bangsa yang terbagi dalam lebih dari 253 suku bangsa, bukan milik satu suku atau kelompok. Namun, biarlah semua itu akan jadi catatan sejarah suatu saat and for today, kaka Andy Selamat jalan.

Kaka, kaka minta dikenang dengan ketawa, bukan sedih. Satu yang saya selalu ingat biar mau hujan lebat, sakit ada merayap tidak berdaya tapi kalau jam 5:00 sore tiba, kaka pasti berkata: ade su jam dan bergerak keluar rumah bukan menuju mushollah untuk berdoa magrib tapi warung kava.

“Ketika masih ingat kisahnya, Mote menuturkan sebagai pertanyaan bahwa, saya cuma mau tanya satu pertanyaan saja: kaka, apakah nanti di surga ada acara di warung kavakah, tidak. Tidak beranggapan pertanyaan jadi Kaka selamat jalan,” katanya dengan sedih hati.

Namun itu sebagai seruan untuk duka Nasional bagi bangsa Papua Barat atas kepergian Tokoh Pejuang Papua ‘Andy Ayamiseba’ sebagai tanggapi surat yang dikeluarkan dari lembaga Pejuang Papua ULMWP dan OPM-TPNPB pusat ialah sebagai berikut ini:

SERUAN ULMWP UNTUK DUKA NASIONAL BANGSA PAPUA ATAS KEPERGIAN HON. ANDY AYAMSEBA
=============================
DISAMPAIKAN KEPADA:
1. SELURUH RAKYAT BANGSA PAPUA
2. PARA PEMIMPIN AGAMA/GEREJA
3. PARA PEKERJA KEMANUSIAAN
4. PARA SENIMAN DAN MUSISI PEMERHATI SIMPATISAN

DI –
WEST PAPUA

Dengan Hormat,

1. Bangsa Papua telah kehilangan Salah Satu Putra terbaik, Tuan Andy Ayamiseba. Almarhum Meninggal Dunia pada 21 Februari 2020, pukul 15.00 waktu setempat di rumah Sakit di Cambera Australia pada usia 73 Tahun.

2. Almarhum telah meninggalkan segala kekayaan, kemewahan, fasilititas sebagai seorang pembisnis Papua. Pada jamannya, pada 1968-1978, ia memimpin Musisi Legendaris dan menjadi Direktur PT. Bintuni Baru.

Almahum pada masanya merupakan pengusaha sukses yang memiliki kekayaan, mobil, rumah, toko dan beberapa investasi. Almarhum juga memiliki pengaruh besar serta mewarisi kekayaan yang diwariskan oleh ayahnya Bapak Lodewijik Ayamiseba yang saat itu orang terpandang kemudian menjadi Ketua DPRD GR Pertama pada 1965.

Semua kekayaan harta yang dimiliki serta diwarisinya, ia tinggalkan demi memperjuangkan harga diri bangsa Papua yakni mewujudkan hak penentuan nasib sendiri bagi bangsa Papua untuk Merdeka dan Berdaulat.

Untuk dan demi harga diri ia mendedikasikan seluruh hidupnya selama lebih dari 50 tahun, sejak 1960-an hingga berakhir nafas hidup atau terakhir ia meninggal dunia.

3. Banyak karya dan perjuangannya masih dikenang bangsa Papua dan publik di Indonesia dan Internasional diantaranya group musisi legendaris Black Brothers.

Jabatan kepemimpinan Politik Papua telah dipercayakan kepadanya, Ketua Perwakilan OPM (Organisasi Papua Merdeka) di Vanuatu, Pendiri dan Ketua WPNCL (West Papua National Coalitions for Liberation) dan terakhir adalah Wakil Ketua I Komite Legislatif ULMWP (United Liberation Movement for West Papua).

4. Almarhum juga telah menjadi saksi hidup dan pelaku sejarah bangsa Papua. Ia merupakan seorang Nasionalis yang selalu berdiri kokoh di atas semua faksi, kelompok dan suku. Dan Ia memiliki prinsip dan komitmen yang tinggi dalam memperjuangkan hak politik Bangsa Papua.

Kemajuan Bangsa Papua saat ini melalui wadah representasi nasional bangsa Papua ULMWP dimana saat ini ULMWP telah menjadi anggota observer MSG dan besarnya dukungan rakyat dan para pemimpin di Melansia, pacifik hingga dunia internasional dalam kurun waktu 5 tahun (2014-2020) merupakan buah keringat dan pengorbanannya.

Almarhum telah melakukan tugas patriotik bagi Bangsa Papua dengan sempurna, sehingga banyak kenangan perjuangan yang dia tinggalkan ditengah bangsa Papua.

5. Mengenang semua perjuangan panjang Almahum Andy Ayamiseba, Wakil Ketua I Komite Legislatif ULMWP bagi bangsa Papua dan sejalan dengan seruan duka Nasional oleh Ketua Eksekutif ULMWP, Tuan Benny Wenda, maka kami menyampaikan kepada kita semua untuk:

Pertama: Tuhan kita, mengangkat hati dan mendoakan keselamatan jiwa almarhum Bapak Andi Ayamiseba.

Kedua: Duka Nasional selama Satu Minggu, mulai tanggal 21-28 Februari 2019. Selama satu minggu, supaya dilakukan doa penguatan di masing-masing wilayah di West Papua bentuk doa dan tempat dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing wilayah.

Ketiga: Meminta kepada para pemimpin Agama di West Papua, supaya pada hari minggu dimasing-masing Gereja mendoakan Almarhum dan penguatan bagi keluarga yang ditinggalkannya.

Keempat: Ditengah duka ini, kami menyampaikan Ucapan Terima Kasih dan penghargaan yang Tinggi kepada rakyat dan para pemimpin di Melanesia, Pacifik dan pemerintah Belanda, serta komunitas Internasiona atas kerja sama dan dukungan terhadap perjuangan almarhum selama hidupnya bagi hak politik bangsa Papua.

Kelima: Kami juga menyampaikan Ucapan Terima Kasih dan Penghargaan yang tinggi Kepada Pemerintah, para pemimpin Adat, Gereja dan rakyat Vanuatu untuk semua dukungan dan kerja sama selama almarhum masih hidup yang sebagian besar hidup dan perjuangannya dihabiskan di Vanuatu.

Keenam: Akhirnya kami Turut Berduka Cita Yang Mendalam atas kepergian tokoh dan pejuang nasional bangsa Papua, Bapak Andy Ayamiseba. Secara khusus kepada Keluarga Besar Ayamiseba di Vanuatu, Australia, Belanda dan di West Papua kami menyampaikan turut berduka cita yang mendalam. Kiranya Roh Allah memberikan penguatan kepada Keluarga Besar Ayamiseba dan kita semua.

Demikian Pernyataan Duka Nasional ini dikeluarkan. Atas perhatian disampaikan Ucapan Terima kasih. Petisi dikeluarkan kemarin di Jayapura, West Papua 22 Maret 2020.

UNITED LIBERATION MOVEMENT FOR WEST PAPUA (ULMWP)
Markus Haluk
Dir. Eksekutif ULMWP di West Papua
Edison K. Waromi
Ketua Komite Legislatif
Diaz Gwijangge
Ketua Komite Yudikatif

Penulis : Octovianus Mote
Editor : Boas/JNP