Home Lapago Sepi Wanimbo: Pemerintah harus memberi ruang RDP Otsus

Sepi Wanimbo: Pemerintah harus memberi ruang RDP Otsus

310

Jayapura, jelatanp.com – Ketua Pemuda Baptis Papua, Sepi Wanimbo minta kepada seluruh bupati se-Papua agar tidak membatasi agenda MRP yang sedang melaksanakan RDP di seluruh wilayah adat Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Bupati se-Papua tidak punya hak untuk menilai karena mereka adalah pengambil kebijakan, penguna angaran otsus itu sendiri yang melihat dan merasakan ialah masyarakat ,itu amanat UU Otsus tahun No 21 tahun 2021 pasal 77,” ungkap Sepi kepada media ini di Jayapura (21/11/2020).

Menurut Wanimbo, Bupati dan wakil Bupati se-Papua segera fasilitasi agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilakukan oleh MRP karena itu amanat undag-undang. “Bupati TNI/Polri se Papua tidak mempunyai hak untuk membatasi kegiatan yang diagendakan oleh MRP, terutama kepada Bupati Lanny Jaya, Jayawijaya, Jayapura dan Walikota.”

Lanjut Sepi, anggota Forum Pemuda Kristen di Tanah Papua itu juga meminta, segera membuka ruang dan memberikan kesempatan kepada rakyat untuk untuk menilai implementasi otsus selama 19 tahun.

“Soal otsus kembalikan kepada rakyat, rakyat meminta otsus lanjut ,otsus tolak atau meminta Referendum, dialog, MRP akan sampaikan kepada pemerintah pusat sesuai mau rakyat bahwa rakyat minta ini.”

Akia Wenda/JNP