Home Sosial Politik Rakyat Dogiyai Serahkan Surat Pernyataan Sikap Tolak Wacana DOB, Otsus dan, Kehadiran...

Rakyat Dogiyai Serahkan Surat Pernyataan Sikap Tolak Wacana DOB, Otsus dan, Kehadiran Mapolres

329

Dogiyai, jelatanp – Sekitar dua ribuan rakyat Dogiyai kembali hadir memadati lapangan sepak bola Theo makai guna menyerahkan surat pernyataan sikap. Aksi kali ini merupakan aksi lanjutan yang dilakukan pada tanggal 22 januari lalu, di mana saat itu masa aksi hanya menyampaikan Pernyataan sikap secara lisan, maka pada senin, 01 februari 2021, rakyat kembali aksi dan berkumpul di lapangan terbuka untuk menyerahkan surat pernyataan sikap secara tertulis kepada pihak eksekut dan legislatif.

Di hadapan wakil Bupati Dogiyai, para Dewan Perwakilan Rakyat dan Pimpinan Koramil dan Polsek, Ribuan rakyat yang tergabung dalam Solidaritas Rakyat Papua di Dogiyai menyatakan sikap untuk menolak kehadiran Kapolres di Dogiyai, pemekaran provinsi Papua Tengah dan rakyat juga kembali menyeruhkan untuk menolak Otonom khusus jilid II.

Dalam kesempatan itu, wakil bupati Oskar Makai langsung menjawab tuntuntan rakyat. Dia ( Wakil Bupati) menjelaskan tuntutan penolakan kehadiran polres Ini merupakan harapannya juga, maka rakyat perlu ketahui bahwa kehadiran polres akan terwujud bila ada rakyat tidak mabuk dan mengacau, tidak melakukan aksi palang memalang dan tidak melakukan aksi lainnya yang merugikan orang lain. “Jadi mau datangkan polres dan tidaknya dikembalikan kepada masyarakat sendiri,” ujar wakil bupati.

Dua tuntutan lainnya yakni Pemekaran provinsi dan penolakan Otsus jilid II, wakil bupati menjawab dengan memberikan SPPD kepada perwakilan rakyat untuk berangkat ke jayapura supaya disampaikan kepada pihak yang berwenang di tingkat provinsi.

Setelah mendengar jawaban Wabup, rakyat menyatakan akan menunggu jawaban dari perwakilan yang akan berangkat ke jayapura selama dua minggu ke depan. Usai menyerahkan surat pernyataan sikap, rakyat dengan aman dan tenang rakyat bubarkan diri masing-masing dan pulang.

Jelata News Papua/Hengky Bobii