Home Lapago Penyerahan Hasil Musrembang Tahun 2020, di Kabupaten Jayawijaya

Penyerahan Hasil Musrembang Tahun 2020, di Kabupaten Jayawijaya

155

Wamena, Jelatanp.com – Acara menyampaikan dan menyerahkan Hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Distrik Kepada Panitia Musrembang Kabupaten, di tingkat Wilayah yang tergabung dalam 5 Distrik diantaranya Distrik Muliama, Distrik Ibele, Distrik Hubikosi, Distrik Musalfak dan Distrik Taelarek. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Distrik Mulian Jl. Kimbim-Piramid, Pada selasa (17/03/2020).

Dalam Acara ini dibuka dengan Doa yang dipimpin oleh Ketua Klasis Kimbim Gereja (KINGMI) Bapak Pdt. Etius Lengka, S.Th.

Usulan-Usulan yang disampaikan oleh 5 Distrik kepada Pemerintah untuk ditindaklanjuti Sebagai berikut:

A. Hasil Musrembang Distrik Muliama

Distrik Muliama terdiri dari 12 Kampung dan hasil MusRemBang Distrik yang disampaikan oleh Kepala Distrik Muliama Bapak FIRDAUS WENDA, S.Sos. sebagai berikut:
1. Pembangunan Perumahan Aparat Distrik
2. Pembangunan Puskesmas Distrik.
3. Pembangunan Gedung Sekolah
4. Jalan Muliama tembus Wosi
5. Pengerasan Jalan Muliama Wame
6. Pagar sekolah KBT Muliama
7. Air Bersih dari Kali Wosi
8. Perumahan Sosial untuk Masyarakat
9. Renovasi Hotel di Muliama
10. Kolam Pemansingan Ikan.
11. Peternakan
12. Persawahan
13. Asrama Mahasiswa Distrik Muliama
di Jayapura.
14. Paud.
15. Pasar Masyarakat, Lokasi di Kampung Kewin
16. Pemekaran Distrik Pelima, Dame & Surkeagi.
17. Perkebunan Kopi.

B. Hasil Musrembang Distrik Musalfak

Distrik Musalfak terdiri dari 10 Kampung dan hasil MusRemBang Distrik yang disampaikan oleh Kepala Distrik Musalfak Bapak ALBERT ALUA, sebagai berikut:
1. Pengaspalan sepanjang ,
Jalan Hom-Hom Musalfak.
2. Perumahan Pegawai Puskesmas Musalfak
3. Pembangunan Jembatan Kali Elagaima
4. Perumahan Sosial Masyarakat.
5. Pembangunan Rumah Dinas Guru
SD, SMP dan SMK se Distrik Musalfak.

C. Hasil Musrembang Distrik Ibele

Distrik Ibele terdiri dari 10 Kampung dan hasil MusRemBang Distrik yang disampaikan oleh Kepala Distrik Ibele Bapak ELIAS MOSIP, S.IP.M.Si. sebagai berikut:
1. Pembangunan Jembatan Permanen
Kali Ibele dekat di SMP Negeri Ibele.
2. Perumahan Dinas Guru SD dan SMP 5 Unit
3. Tiga kelas Gedung Sekolah
4. Rumah Dinas Kepala Distrik & Staf
5. Perumahan Sosial Masyarakat.
6. Satu Buah Pembangunan Puskesmas
7. Rumah Dinas Pegawai Puskesmas
8. Satu buah Bangunan Gedung untuk
Kelompok Belajar Kisumo
9. Pemekaran Distrik Pelima
10. Pemasangan Jaringan Listrik
11. Pengaspalan Jalan Ibele Taelarek.
12. Usulan Kampung akan masukan
pada RKPK Kampung TA.2020.

D. Untuk Distrik Hubikosi dan Taelarek sementara lagi musrembang tingkat Masing-masing Kampung dan belum dirampung oleh tingkat Distrik, maka tidak dapat sampaikan hasil Musrembangnya (Akan Menyusul).

PENYERAHAN HASIL MUSREMBANG DAN TANGAPAN PANITIA MUSREMBANG KABUPATEN JAYAWIJAYA

Setelah membacakan Hasil Musrembang Distrik dilanjutkan dengan Penyerahan Dokumennya oleh masing-masing Distrik Kepada Panitia Musrembang Kabupaten Jayawijaya.

Sementara itu, Sambutan Bupati yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati, Musrembang merupakan hasil dan usulan oleh semua Masyarakat Distrik. Infraktruktur jalan pasti akan di bangun nanti sesuai dengan kondisi keuangan Daerah. Dan dalam proses pembangunan tidak ada kata halangan atau larang2an.

Tahun depan pasti ada pembangunan perumahan tetapi jangan ada permasalahan tanah atau lokasi. Air bersih itu penting, maka kita akan bangun, Program Nasional Namanya STANTI arahkan pada masing-masung Kampung, Kita semua akan bertanggunjawab atas program-program yang disampaikan semua itu, “Katanya”.

Eliaser Tabuni selaku Panitia Musrembang dan Perwakilan pemerintah Daerah (BAPEDA).
Mengatakan, Bapeda menjadi sasaran usulan dan harus kami terima untuk dibahas dan diteruskan dalam pembahasan bersama di Tingkat Kabupaten. Kami sebagai aparatur perencanaan harus menerima Hasil musrembang Distrik.

Selain itu, Ardi Alua selaku tokoh pemuda dari distrik Musalfak mengatakan, Dari semua pembangunan itu Manusia Jauh lebih penting, untuk itu Normalisasi Kali Ibele untuk mengatasi terkenangnya Air di Wilayah Distrik Musalfak.

Salah satu tokoh pemuda dari distrik Ibele Lambert Hiluka mengatakan, Saya merasa Menyesal karena kami mengajukan Hasil Musreng ini dengan Korban2 tertentu. Tetapi kadang tidak pernah menjawab hasil yang kami ajukan. Selain itu Hengki Hilapok selaku perwakilan mahasiswa di Jayapura, ada salah satu Ikatan Mahasiswa Namanya Ikatan ELIMA Kami minta Asrama Mahasiswa. Bicara pembangunan itu baik dan lebih baik lagi SDM masing-masing Distrik.

Ibe Kossay selaku tokoh pemuda distrik Hubikosi mengatakan, Pemerintah Kampung dan Distrik belum pernah ada niat untuk pengaspalan jalan tembus Musalfak ke Silokarno Doga. Dan banyak kami dengar namanya perumahan namun belum realisasinya, semua surat permohonan segera menjawab.

Sementara itu, Silas Lengka selaku tokoh pemuda distrik Muliama mengatakan,  perumahan Masyarakat dan pegawai Puskesmas segera dan Asrama Mahasiswa di Jayapura Yang diusulkan Distrik itu segera di jawab.

Dalam sela-sela Acara yang hadiri juga Anggota DPRD Partai Hanura Bapak Senius Hilapok, S.Th dan Merlina Elopere Politikus Partai PAN. Kedua Anggota DPRD merupakan Daerah Pemilihan 3 & 4 maka menyaksikan dan mendegar langsung Hasil Musrembang yang di lakukan oleh masing-masing Distrik secara langsung.

Seusai acara diakhiri dengan Doa penutup Acara oleh Pdt. Etius Lengka, S.Th. dan akhir dari Acara makan bersama Masyarakat dan para undangan yang hadir.

Reporter : Teba Hisage
Editor :  admin.