Home Berita Para Kepala Kampung Dan Pendamping Diminta Persiapkan Dokumen LPJ Terkait BLT Dana...

Para Kepala Kampung Dan Pendamping Diminta Persiapkan Dokumen LPJ Terkait BLT Dana Desa

88

Dogiyai, jelatanp.com, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMPK) Kabupaten Dogiyai, Damiana Tekege Meminta agar para kepala kampung dan para pendamping desa untuk segera menyiapkan dokumen Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dan bantuan sembako yang sudah disalurkan beberapa waktu lalu ke 79 kampung.

“Kami minta kepada kepala kampung dan pendamping desa untuk segera siapkan laporan BLT dana desa dan bantuan lainnya yang sudah disalurkan ke masyarakat, agar kita laporkan saat ada pemeriksaan”, ujar Damiana dalam rapat bersama para Kepala Kampung dan Pemdamping Desa dari Kediamannya di Moanemani, Selasa, 28/07.

Dikatakannya, Permintaan menyiapkan Dokumen LPJ dilakukan agar ketika ada pemeriksaan dari Pusat, dinas terkait dapat melaporkan penggunaan BLT Dana Desa maupun bantuan lain terkait penanganan covid-19 dari setiap kampung di seluruh Kabupaten Dogiyai.

Selain menjadi laporan pertanggungjawaban, Lanjut Damiana, di kesempatan ini juga para kepala kampung diharapkan untuk belajar membuat laporan pertanggung jawaban.
“jadi kepala desa juga mulai belajar menyusun laporan, bukan hanya tauh menggunakan anggaran saja”, tegasnya.

Kadis DPMPK menuturkan, batas pengumpulan Dokumen LPJ paling lambat tanggal 14 Agustus. Selain untuk laporan ke pihak pemeriksa, Penentuan batas penyiapan LPJ ini dibuat untuk mengantisipasi tertumpuknya pekerjaan di waktu-waktu mendatang.

Dokumen yang harus dipersiapkan oleh kepala kampung diantaranya adalah Rencana kerja Pemerintahan Kampung (RKPK) tahun 2021, dokumen pencairan DD BLT Dana Desa Tahun anggaran 2020, LPJ BLT Alokasi Dana Desa tahap satu (40%) Tahun anggaran 2020 yang sudah tersalur, Peraturan kepala kampung tentang penetapan penerima BLT DD tahun anggaran 2020, dan LPJ Siltap triwulan I dan II. Sementara dokumen yang harus dipersiapkan oleh pendamping bersama kepala kampung, diantaranya LPJ BLT DD Tahun anggaran 2020, revisi APBK Tahun anggaran 2020 dan LPJ Siltap tahun anggaran 2019.

Sementara itu, Kepala Kampung Pugatadi II, Fidelis Pigai usai rapat mengatakan, laporan dari kampungnya sedang disiapkan sehingga dalam minggu ini sudah bisa diserahkan ke Dinas.

(jelatanp/Hengky Bobii)