Home Pers Rilis Kami Minta Panglima TNI dan Polri Segera Tangkap Pelaku Yang Mengungkapkan Rasis...

Kami Minta Panglima TNI dan Polri Segera Tangkap Pelaku Yang Mengungkapkan Rasis Terhadap Tokoh Papua

210

Ketua Pemuda Baptis di Tanah Papua, Sepi Wanimbo, S.IP, M.KP minta kepada pimpinan panglima TNI dan POLRI segera tangkap dan proses hukum pelaku yang mengukapkan rasis pada dinding FB (yang bernama Drs. Ambroncius I.M Nababan) kepada tokoh Papua, Natalius Pigai.

Negara Kesatuan Republik Indonesia RI ini adalah negara hukum sehingga, kami sangat berharap orang yang bersalah jangan dibiarkan dan jangan dilindungi seenak-enaknya, tetapi harus diproses hukum sesuai undang-undang yang berlaku.

Orang yang bersalah selalu dilindungi dan dibiarkan begitu saja terus-menerus, maka rakyat Indonesia khusus Papua dan Papua Barat tak akan pernah percaya hukum yang berlaku di Indonesia.

Karena rakyat Papua sudah punya pengalaman berkali-kali, dimana para penegak hukum tak mampu menyelesaikan setiap masalah rasis yang terjadi di depan mata, tetapi pura-pura tidak lihat lalu memilih diam begitu saja.

Kita lihat ujaran rasisme terhadap Pahlawan Nasional Frans Kaisepo dalam mata uang 10.000 Nurazisah Asril dalam akunnya “saya tidak setuju dengan gambar uang baru yang mukanya menyerupai monyet, bukannya memasang wajah pahlawan malah memasang wajah seperti itu, ujaran rasisme yang dilandasi kebencian ini yang sudah menjadi viral, tetapi para penguasa dan aparat keamanan membiarkannya dengan diam dan membisu saja.

Ada juga tindakan rasisme dan kekerasan terhadap mahasiswa Papua di Malang, Surabaya, Yogyakarta dan Semarang pada tanggal, 15 – 17 agustus 2019 yang dilakukan oleh organisasi massa seperti, Front Pembela Islam (FPI). Pemuda Pancasila (PP). Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI (FKPPI) dan di dukung oleh aparat keamanan setempat telah memicu kemarahan rakyat dan bangsa West Papua serta kelompok solidaritas damai di tanah Papua, kota-kota studi di luar Papua hingga beberapa kota di luar Negeri, kawasan Pasifik, Asia Tenggara, Eropa, Afrika dan Amerika Serikat.

Banyak kasus rasisme yang lain juga para anggota keamanan negara lihat, tetapi pura-pura tak lihat lalu diam baru biarkan begitu saja.

Dengan adanya pengalaman itu, kami tidak mau dikorbankan lagi, kami punya harga diri dan kami punya martabat, kami ingin jadi seperti manusia di negara lain yang tinggal nyaman dan damai.

Sehingga kami minta pimpinan panglima TNI dan Polri segera tegakan nilai-nilai keadilan, kebenaran, dan kejujuran terhadap kami rakyat di tanah Papua.

Saya selaku pimpinan pemuda baptis di tanah Papua juga anggota forum pemuda kristen di tanah Papua percaya ketika penguasa dan penegak hukum tegakan nilai – nilai keadilan, kebenaran dengan hati yang murni, tulus serta jujur di tanah Papua pasti negara ini akan lebih maju dari negara lain.

Wamena, 25 Januari 2021.

“Pemuda Baptis Di Tanah Papua Minta Polri Segera Tangkap Dan Diproses Hukum, Drs. Ambroncius I.M. Nubaban Mengukapkan Rasis Di Didin FB Kepada Tokoh Papua Natalius Pigai”

SEPI WANIMBO, S.IP,.M.KP
Ketua Pemuda Baptis Di Tanah Papua
Anggota Forum Pemuda Kristen Di Tanah Papua.