Home Kabar Manfun Kawasa Byak Siap Melantik Pengurus Suku Byak di Nabire Bulan Maret...

Manfun Kawasa Byak Siap Melantik Pengurus Suku Byak di Nabire Bulan Maret Mendatang

11
0

Nabire, jelatanp.com Beberapa Kepala Biak di Kabupaten Nabire melakukan Sosialisasi dan Konsolidasi Kelembagaan Adat Kainkain Karkara Byak (KKB) yang digelar di Kediaman Bapak Hermas Sorbu di Jalan Gagak KPR RT. 22 Siriwini Nabire Dari 25 November 2019 lalu. Dalam pertemuan itu Manfun Kawasa Byak diwakili oleh Humas Kainkain karkara Byak bersama Pengurus Adat Biak di Nabire Memutuskan akan mengukuhkan beberapa orang Pengurus Dewan adat Biak di Nabire melalui Musyawarah Besar (Mubes) pada bulan Maret mendatang.

Guna mendengar langsung terkait kelembagaan Masyarakat Adat Byak di Kabupaten Nabire, Manfun Kawasa Byak, Apolos Sroyer mengutus STAF HUMAS untuk melakukan Sosialisasi dan Konsolidasi Kelembagaan Kainkain Karkara Byak di Kabupaten Nabire pada 23 November 2019 lalu.

Diharapkan dengan cara seperti ini Struktur Kelembagaan Masyarakat Adat Byak segera di Benahi dan di akomodir dalam lembaga besar Kainkain Karkara Byak yang berkedudukan di Biak.

Permenas Rumaropen, mengatakan, selama ini giat-giat tentang orang Biak telah bekerja dengan baik di kabupaten Nabire sejak tahun 1984, namun belum maksimal dalam mengakomodir seluruh keperluan orang Biak di kabupaten Nabire, hal yang sama juga di sampaikan oleh Bapak Herman Mofu, demikian kesimpulan tegas yang di ambil pada saat itu adalah Kawasa Byak yang mendiami di Kabupaten Nabire harus menggelar musyawarah besar Kawasa Byak untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan suku Byak serta mengangkat Pimpinan Ikatan melalui musyawarah besar untuk mengumpulkan orang Byak untuk melihat orang besar Byak.

Dalam Rapat yang diadakan pada saat itu, munculah panitia Panitia Mubes 1 dan Panitia Pengarah,
Ketua Panitia Terpilih Bapak Terry Rumayauw dengan memberikan sampaikan untuk Humas Kain-kain kata-kata Byak (KKB) panitia Siap menggelar Musyawarah Besar Maret 2020.

Rumayau menambahkan, “agar Lembaga Kainkain Karkara dapat segera mengeluarkan SK Panitia Mubes untuk menjadi dasar hukum pelaksanaan kerja-kerja Panitia.

selaku Humas Kainkain karkara Byak menyatakan, “saya Ronald Sroyer menerima semua saran dan pendapat dari mananwir suku biak di Nabire dan hal ini akan segera saya laporkan kepada Manfun Kawasa Byak untuk menindak lanjutinya.

(Jelata News Papua/Aleks)