Home Kesehatan Manfaatnya Daun Gatal Untuk Orang Asli Papua

Manfaatnya Daun Gatal Untuk Orang Asli Papua

313

Moses Sowe asal Kisor Distrik Aifat selatan Kabupaten Maybrat Papua Barat ini menjelaskan, “pentingnya daun gatal, untuk kita tanam. menurutnya, “daun ini yang telah memberikan manfaat bagi kesehatan manusia khusus kami Orang Asli Papua, setiap orang Papua memberi nama, “Daun Gatal” yang artinya Daun ini setelah digosok diseluruh tubuh, kita akan rasa Gatal atau terasa pedis.
Daun Gatal membuat gatal ditubuh setiap orang yang mengunakannya.
Jadi Daun Gatal ini hanya bisa dapat tumbuh di wilayah Indonesia bagian timur yaitu, di Papua dan Papua Barat.
Tumbuhan ini bagi orang Papua dan Papua Barat masih menanggap sebagai tumbuhan Obat Alami bagi mereka, pada saat sakit, badan terasa tidak enak. mereka sering gunakan daun ini untuk memberikan keringanan bagi tubuh mereka yang terasa sakit.
Dan banyak sekali, orang-orang Papua dan Papua Barat yang mengunakannya. Hingga saat ini banyak Daun Gatal diperjual belikan di pasar mama-mama Papua.
Maka masyarakat masih melakukan transaksi Daun itu dipasaran, Karena banyak orang yang membutuhkan daun tersebut. Daun Gatal ini juga digunakan bukan hanya untuk orang-orang sakit saja, tetapi juga untuk menghilangkan rasa cape atau lelah seusai beraktifitas.
“Jadi, Daun Gatal itu sering digunakan sebagai obat yang menghilangkan rasa cape dan jenuh.
Barangkali selama ini ada orang Papua dan Papua Barat yang tidak lestarikan serta mengembangkan tumbuhan ini.
Saya harap, agar kembang lebih banyak dan bisa dikenal dan diakui ditingkat Nasional, Regional maupun Internasional. Maka mari kita sebagai anak-anak Papua dan Papua Barat, kita terus melestarikan serta mengembangkan potensi Alam kita demi kelangsungan hidup sebagai anak-anak Papua dan Papua Barat.
Sebenarnya orang Papua dan Papua Barat ini banyak Obat tradisional yang sudah disediakan Oleh alam, tetapi kita sendiri yang salah memanfaatkan hasil itu sendiri.
Sekali lagi Kepada Kita Orang Asli Papua, “mari kita bangkit dari pola pikir kita yang negatif dan bentuk karakter kita supaya pola pikir kita yang berbau bisnis untuk manfaatkan hasil lokal kita sendiri sebagai sumber kehidupan bagi anak cucu kita Kedepan.
Sebab kita sebagai anak Papua dan Papua Barat yang terus menerus berbicara tentang hak politik bangsa Papua. Harus bangkit dari hal kecil seperti ini, supaya Hak politik kita bangsa Papua Barat itu dapat terungkap, agar Kedepan orang Papua boleh bersaing dalam dunia perekonomian dan bisnis yang kuat.
Selamat bagi orang Papua dan Papua Barat yang selalu memanfaatkan hasil Alam untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga mampu mengeksplorasikan hasil sendiri ke dunia atau Nagara lain dalam bentuk apapun sehingga mempertunjukan Hasil Alam yang sederhana tetapi memberi manfaat yang besar bagi Bangsa dan Negaranya sendiri.
Terima kasih juga kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah meletakan sumber daya yang cukup melimpah kepada kami orang papua dan Papua Barat, walaupun kami belum bisa memanfaatkan hasilnya secara baik dan benar. kami bersyukur atas segalanya, bukan hanya Daun Gatal, tetapi juga masih banyak yang telah engkau berikan kepada kami Orang Papua dan Papua Barat.
Bahkan telah berikan kami pengertian, agar kami mampu mengaplikasikan semua hasil ini dikemudian hari dengan baik dan benar, demi kemuliaan nama Tuhan diatas Tanah ini.

Jelata News Papua/Mario Manfred Yumte