Home Mamta Mahasiswa USTJ Berunjuk rasa Tuntut turunkan Biaya Kuliah

Mahasiswa USTJ Berunjuk rasa Tuntut turunkan Biaya Kuliah

145

Jayapura, jelatanp.com — Pada 29 Juni 2020, mahasiswa USTJ dari 7 fakultas melakukan demonstrasi dalam rangka mendesak yayasan untuk menurunkan biaya SPP. Aksi tersebut diwarnai dengan pembakaran ban di halaman kampus.

Dalam demonstrasi itu, yang diterima pihak yayasan dan PR III USTJ, mahasiswa mendesak agar biaya SPP diturunkan dan meminta agar Lembaga USTJ transparan soal dana bantuan TPN/UKT dari kementerian.

Protes tersebut dilakukan mahasiswa karena SPP bagi mahasiswa yang mulai kuliah di kampus USTJ dari tahun 2013 – 2019 dengan biaya Rp.3.700.000 (tiga juta tujuh ratus ribu rupiah) sedangkan untuk angkatan tahun 2020 adalah Rp.5.700.000 (lima juta tujuh ratus ribu rupiah).

Oleh sebab itu, Mahasiswa USTJ demo tuntut agar yayasan turunkan 50 % biaya SPP untuk angkatan 2020 dan transparansi biaya UKT.

Aksi ini adalah aksi lanjutan tanggal 25 dan 26 Juni 2020. Tuntutan pengurangan biaya itu berdasarkan pada surat keputusan kemendikbud No. 25 tahun 2020 tentang uang kuliah tunggal  (UKT) di masa pandemi covid-19, regulasi keringanan UKT bagi mahasiswa Perguruan tinggi Negri (PTN) dan Perguruan tinggi swasta (PTS).

Jika kedua permintaan itu tidak diindahkan, maka massa aksi dalam hal ini mahasiswa sepakat akan tutup  kampus.

Dalam Tuntutan Mahasiswa kepada Rektor, mereka mengatakan, “kami bukan menghina kampus, bukan menghina Dosen-Dosen atau bukan menghina Rektor, tetapi tuntutan kami adalah untuk mengurangi pembayaran Uang SPP.”

Sampai saat ini, belum buka palang yang ditutup di pintu masuk kampus USTJ karena dari Rektor belum ada jawaban untuk menanggapi tuntutan Mahasiswa terkait pengurangan biaya SPP.

Reporter: Abdon Sambom

Editor: Ibo Goo