Home Artikel/Opini Lukas Enembe Adalah Aset Negara, Bukan Pejuang Kemerdekaan

Lukas Enembe Adalah Aset Negara, Bukan Pejuang Kemerdekaan

326

Lukas Enembe adalah orang yang berpengalaman dalam pemerintahan di Indonesia, pekerjaan atau karil beliau di perjuangkan untuk kepentingan Negara Republik Indonesia. Selama ini beliau memikul beban negara untuk pertanggung jawabkan atas keperjayaan sebagai kepala daerah oleh Negara. Oleh karena itu lukmen adalah orang yang perpanjangan tangan pekerjaan negara di Papua umunya di Indonesia.

Lukmen sendiri orang asli Papua dalam bingkai NKRI, biasa di bilang putra terbaik dari Papua, lukmen adalah orang Melanesia yang berkulit hitam dan berambut keriting, dan dia berasal dari pegunungan tengah Papua. Maka Indonesia melihat lukmen sebagai putra terbaik Indonesia, jangan lagi melihat lukmen sebagai orang Papua yang diperjuangkan Papua Merdeka, dia hanya memiliki identitas sebagai orang asli Papua, kehidupan lukmen dihabiskan dalam pekerjaan-pekerjaan negara.

Apa itu Aset Negara?

Aset Negara mungkin saja memahami bahwa sarana dan prasarana yang kini persiapkan, seperti infrakstrukur, di berbagai daerah di Indonesia, termasuk juga berbagai pejabat yang bekerja untuk negara, maka lukmen adalah salah satu aset negara yang kini berkaril di pemerintahan di Papua Indonesia. Lukmen sendiri tahu kapasitasitas kedudukannya saat ini, beliau waktunya dihabiskan untuk mengerjakan kepentingan-kepentingan negara. Maka dengan itu, untuk menjaga roda pemerintahan di Papua beliau beranikan diri merobat di vanimo, PNG. Hal itu semua eleman menanggapi dengan profesional agar pemerintahan di provinsi Papua tidak mengadu domba dalam kepentingan tertentu, dan juga jangan mudah terpropokasi.

Siapa Pejuang Kemerdekaan Papua Barat?

Pejuang kemerdekaan Papua barat adalah tentu tahu siapa mereka, yaitu ULMWP, KNPB, OPM dan Organisasi Masyarakat (Ormas) lainya, yang kini perjuangkan kemerdekaan West Papua di tanah papua. organiasi yang kami sebut diatas ini yang selama ini melawan lukmen sebagai orang negara di Papua, bukan lagi lukmen jadikan aktor papua merdeka di papua. Oleh karena itu lukmen jangan lagi di posisikan sebagai seorang pejuang Papua merdeka.

Siapah Lukas Enembe?

Lukmen seorang Gubernur dan juga Gubernur terpilih dari suara rakyat maka Gubernur memiliki fungsi kerja yang jelas, sisi lain adalah seorang Gubernur yang berfungsi untuk mengayomi masyarakat atau rakyat dan di perjuangkan keluh-kesah rakyat. Oleh karena itu, setiap kebijakan adalah suara rakyat, gubernur tidak menginisiatif melakukan kebijakan memecah bela Bhineka tunggal ika.

Setiap persoalan yang terjadi di Papua dan Papua barat adalah masalah bagi setiap kepala daerah di Indonesia, aspirasi-aspirasi rakyat perlu direspon oleh pemimpin setempat. maka saat rasisme sebagai kepala daerah di Papua, lukmen melanjutkan aspirasi ke Jakarta namun, orang negara menilai Lukas berbicara Papua merdeka, saya pikir negara salah besar menanggapi persoalan dalam hal persoalan rasisme di Papua.

Benarkah lukmen adalah Gubernur Papua?

Benarkah Lukmen Orang Asli Papua? Jawabannya, benar! rakyat Papua tahu siapa lukmen dan rakyat Papua tahu keadaan lukmen saat ini, namun pura-pura tidak mengenal lukmen yang gubernur Papua. Mengapa demikian? Saat ini rakyat maupun pemerintah pusat menilai lukmen adalah pejuang Kemerdekaan Papua Barat. Karena selama paskah Gereja-gereja di Papua tidak pernah doakan lukmen yang saat ini sakit. Kepeduliaan beliau bukan karena apa tidak, beliau adalah seorang Gubernur maka sebagai rakyat kecil perlu di doakan agar pemerintahan di Papua bisa dijalankan dengan baik, jika beliau tidak aktif kantor siapa yang rugi? Tentu negara rasa rugi dan juga rakyat. Maka jangan lagi lukmen diabaikan dalam doa-doa rakyat Papua, agar Bapak Gubernur secepat pulih kembali.

Perspektif Gereja hari ini, doa bagi Gubernur di publik adalah bicara Papua merdeka, untuk apa Gereja hadir untuk umat? apakah Papua merdeka adalah dosa, dan juga doa untuk gubernur dosa besar bagi pendoa? Semua pertanyaan diatas ini realita yang terjadi di Papua Indonesia yang mencederung menilai lukmen adalah aktor kemerdekaan Papua Barat.

Kesimpulan

Lukmen adalah aset negara yang kini berkaril di pemeritahan di papua, dan juga perpanjang tangan dalam kepentingan-kepentingan Negara Republik Indonesia, bukan lukmen adalah pejuang kemerdekaan papua. Maka marih kita bersatu berdoa Bapak gubernur kita agar dari sakit yang dia derita pulih kemabli.
save L.E

Oleh: Efendi Minai
Penulis Adalah pemuda Papua