Home Meepago Komisi A DPRD Dogiyai Gelar Rapat Koordinasi dengan DPMK

Komisi A DPRD Dogiyai Gelar Rapat Koordinasi dengan DPMK

264

Dogiyai, jelatanp.com – Komisi A DPRD Kabupaten Dogiyai menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung ( DPMK) Jumat ( 13/03) kemarin di Ruangan Komisi A DPRD Dogiyai.

Dalam pertemuan ini dihadiri Ketua Komisi A, Agustinus Tebai, Wakil Ketua Yoseph Minai, Sekertaris Komisi Sepanya Agapa, Anggota Melianus Woge dan Paskalis Douw.
Sedangkan dari DPMK, Damiana Tekege sebagai Kepala Dinas, Kepala Bidang Pemerintahan, Marsela Tatogo.

Ketua Komisi A, Agustinus Tebai mengatakan, pihaknya mengundang DPMK karena ada aspirasi yang mendesak di DPRD.

“Ada aspirasi masuk di kami terkait Dana Silva tahun 2019 yang belum dibayarkan kepada 50 Kampung. Ternyata setelah kami tanya DPMK , 50 Kampung tersebut belum ada laporan. Setelah ada laporan akan dibayarkan,” ujar Tebai.

Tebai juga menuturkan pihaknya telah menyarankan agar segera siapkan Carateker Kepala Kampung dan lakukan pemilihan kepala Kampung.

“Kepala Kampung telah berakhir pada tanggal 13 April 2020 sehingga mau dan tidak mau harus segera penunjukan kepala Kampung. Kami juga meminta DPA dan kalender kegiatan 2020,” katanya.

Selain itu, Wakil Ketua Yoseph Minai, meminta agar selalu koordinasi dengan Komisi.
“Ada banyak yang tidak transparansi dalam penggunaan dana kampung, sehingga kami sarankan ketika ada pembagian dana bisa libatkan berbagai pihak. Sehingga mudah untuk mengawasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPMK, Damiana Tekege menuturkan, pada prinsipnya pihaknya telah menerima saran – saran dari Komis A DPRD sebagai mitra Kerja.

“Terkait Dana Desa 2019 yang kena silva, kalau Kepala Kampung sudah laporkan laporannya, maka kami siap ajukan. Kampung yang telah laporkan, kami telah anggarkan” katanya.

Terkait karateker Kepala Kampung, menurut Damiana, pihaknya telah siapkan, sehingga dalam waktu dekat akan ada penunjukan.

“Kami juga telah siapkan Perbup Pilkades. Karena tidak ada Perda pemilihan Kepala Desa, sehingga sedang siapkan regulasi untuk pemilihan. Sehingga nanti kita bahas bersama,” ujar Damiana.