Home Lapago Ketua Wilayah Baptis Wamena Lantik Panitia Natal Pemuda dan Sekolah Minggu

Ketua Wilayah Baptis Wamena Lantik Panitia Natal Pemuda dan Sekolah Minggu

31

Wamena, jelatanp.com – Badan Pelayan wilayah Wamena lantik panitia Natal pemuda dan sekolah minggu di gedung gereja Baptis Bahtera Kodim. Ibadah berlansung pada Minggu, 26 Juli 2020 lalu, pukul 13.00 WPB.

Dalam acara ibadah ini ketua Departemen Pemuda Baptis Papua, Sepi Wanimbo dan pengurus Departemen Sekolah Minggu dan Badan Pelayan Wilayah Wamena turut mengambil bagian.

Pada momen ini Ev. Ithomi Kogoya, S. Pdk, Wakil Ketua Departemen Pemuda hadir sebagai pembicara. Ayat firman Tuhan diambil dari Matius 25 : 14 – 30.

Ev. Ithomi Kogoya berkhotbah, Sebab hal kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikan lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing – masing menurut kesanggupan, lalu ia berangkat.

“Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu, Ia mengelola uang itu lalu ia beroleh laba lima talenta. Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya. Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta Tuan, percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta.”

Lanjutnya, maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta. Maka kata tuannya itu kepadanya: baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia, memikul tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata: tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat dimana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam. Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: ini, terimalah kepunyaan tuan! Maka jawab tuan itu: hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai ditempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat dimana aku tidak menanam. Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang mengelola uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya. Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu.

“Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. Dan campakanlah hamba yang tidak berguna itu kedalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.”
“Tuhan kasih talenta ada yang lima, ada yang dua dan ada juga yang satu. Talenta itu, hari ini ada pada kita, karena itu, momentum ini saja mengajak kepada pemuda talenta yang ada padamu itu terus kembangkan selagi ada kesempatan. Jangan sia-siakan talenta yang Tuhan sudah kasih padamu.”

Selanjutnya, Gembala Kogoya mewakili Ketua Wilayah Wamena melantik Panitia Natal Pemuda dan Sekolah Minggu.

Ketua Panitia, Kerince Yoman, S.Sos pada kesempatan itu menyampaikan salam dan hormat kepada pimpinan dan seluruh anggota Pemuda Baptis Papua terlebih khusus Wilayah Wamena.

Pertama, Kerince Yoman mengajak pemuda dan Sekolah Minggu sebagai anak-anak Tuhan sepantasnya mengucap syukur kepada Tuhan Yesus karena dengan campur tangan Tuhan kita bisa beribadah pada hari ini dengan baik.
“Saya mewakili teman-teman panitia terpilih, kami sampaikan banyak terima kasih kepada Badan Pelayan Wilayah Wamena dan seluruh pemuda, sekolah minggu atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya dan kawan-kawan untuk kerja menyukseskan Natal tahun ini.”
Lanjutnya, “Sebelum kita memulai kegiatan, kita akan pembekalan di sekretariat panitia di Yomaima sekalian menyusun program kerja panitia, karena itu saya minta dengan hormat semua panitia mengambil bagian.”

Pengurus Departemen Sekolah Minggu, Denius Kogoya, S.Pd dalam sambutannya mengajak, para pemuda dan sekolah Minggu agar mengucap syukur kepada Tuhan karena situasi hari ini tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya. “Hari ini Virus Corona (Covid-19) merajalela dimana-mana membuat kita semua takut. Tetapi hari ini pemuda dan sekolah minggu semua sehat-sehat, maka kami bersyukur.”

“Harap kepada semua pemuda dan sekolah minggu ikuti himbauan pemerintah dan gereja karena demi keselamatan kita semua. Kami tetap dukung dalam Doa, sehingga panitia yang terpilih fokus, semangat, kompak dan tetap semangat dalam pelayanan. Pake talentamu yang Tuhan sudah kasih dengan baik untuk memuliakan nama Tuhan.”

Sementara itu, Wendalibo Wenda, S.Sos Ketua Pemuda Wilayah Wamena juga mengajak kepada semua pemuda agar tetap kompak dalam pelayanan.

Reporter: Akia Wenda
Editor: Ibo Goo