Home Artikel/Opini Keselamatan Orang Papua dari Bahaya Covid-19 ialah Tanggungjawab Bersama

Keselamatan Orang Papua dari Bahaya Covid-19 ialah Tanggungjawab Bersama

58

Oleh: Yermias Delka*

Corona Virus yang dikenal dengan Covid-19 pertama kali muncul di kota Wuhan, Cina pada akhir 2019 lalu dan pada awal 2020 menyebar ke seluruh dunia hingga kini. Perkembangan virus ini sampai kini menjadi problem mematikan dalam menghancurkan eksistensi manusia di seluruh dunia. Nyawa Manusia menjadi objek pertama dari penyebaran virus ini, sehingga dengan cepat melalui jaringan interaksi sosial antar manusia bertumbuhan dan berkembangan hingga di tanah Papua. Kini orang Papua sedang terinfeksi dan menghadapi bahaya virus corona.

Untuk menyelamatkan manusia Papua dari serangan covid-19 merupakan tanggung jawab semua yang orang yang hidup di atas tanah Papua. Perkembangan Covid-19 di tanah Papua paling merajalelah seperti yang kita konsumsi setiap hari di media sosial online maupun surat kabar dalam pelaporan penambahan pasien covid-19. Tanpa sadar atau tidak virus ini sedang mengancam seluruh kehidupan orang Papua.

Adapun pasien positif terus bertambah di beberap kabupaten di Papau dan hingga kini Papua menjadi lahan subur untuk penyebaran virus ini. Sadar bahwa covid-19 menjadi pandemi yang patut kita diwaspadai oleh setiap orang dengan membangkitkan kesadaran dalam diri setiap orang Papua. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab dan upaya kita untuk menyelamatkan diri dan sesama serta memutus mata rantai virus corona di tanah Papua.

Peran kita bersama untuk memerangi penyebaran virus ini merupakan suatu bentuk tanggungjawab. Tanggung jawab adalah berbuat sesuatu sebagai perwujudan kesadaran akan ke wajiban. Tujuan dari tanggung jawab membantu kita untuk bertanggungjawab dalam suatu hal atau kegiatan. Pencegahan atas penyebaran virus corona bukan tanggungjwab orang lain tetapi masing- masing orang dengan mengutamakan sikap kepekaan. Misalnya tanggung jawab kita setiap hari dalam menjaga diri agar tidak terinfeksi virus dengan mencuci tangan, berjemur, menjaga jarak dan sebagainya merupkan satu hal yang fundamental. Dengan demikian kewajiban kita untuk siap menyelamatkan diri dan orang dari wabah ini terealisasi. Karena tanpa tanggung jawab dalam menghadapi pademi ini pasti tidak memutus mata rantai, malah menambah kasus.

Masalah Covid-19 bukanlah masalah sepihak tetapi merupkan masalah bersama. Setiap orang dibebankan tanggungjawab untuk menjaga dirinya sendiri dan menjaga orang lain. Masalah penyebaran virus corona yang semakin hari semakin bertambah ini merupakan suatu problem yang patut di waspadai oleh setiap orang demi keselamatan bersama di tanah Papua.

Dalam hal ini pemerintah pun wajib melindungi masyarakat dari wabah ini. Tanggungjawab pemerintah adalah siap mengorbankan diri demi masyarakat dengan berbagai cara, yakni memberikan bahan makanan (bama), membagi alat pencegahan seperti masker, sosialisasi, pembatasan aktivitas, dan menjaga psikologi rakyat. Pemerintah harus menjadi mediator yang baik dan selalu mengarahkan semua orang pada puncak pencegahan virus dan dengan tegas mendisiplinkan masyarakat agar tetap menjaga diri serta merangkul masyarakat agar berpartisipasi dan bekerjasama dalam menghadapi pandemi ini. Semua orang harus mengantisipasi penyebaran virus Corona dengan mengikuti setiap anjuran pemerintah dan kesehatan. Pada prinsipnya semua orang sadar untuk menjaga diri dan memiliki sikap inisiatif untuk menjaga diri dan sesama dari virus mematikan ini.

Masyarakat dan pemerintah menjadi mitra kerja untuk bertanggungjawab terhadap masalah pencegahan virus corona. Salah satu bentuk tanggungjawab kita adalah tetap di rumah dan mengikuti prinsip-prinsip kesehatan. Semua orang diharapkan untuk bertanggungjawab untuk melindungi diri dari penyeberan virus ini. Jika semua orang bersedia untuk bertanggungjawab untuk mencegah penyebaran virus pasti akan memutus mata rantai penyebaran. Juga yang paling penting ialah dibutuhkan sikap kedisiplinan, kejujuran dan empati terhadap sesame demi keselamatan bersama.

Akhirnya masalah pencegahan Covid-19 merupakan bukan sebuah tanggung jawab sepihak, melainkan tanggung jawab kita bersama sebagai pemerintah maupun masyarakat. Hanya dengan kerjasama dan tanggung jawab kita selamatkan kehidupan dari bahaya virus corona di tanah Papua.

*Penulis adalah Mahasiswa di STFT “Fajar Timur” Abepura, Papua dan Anggota Aplim Apom Research Group (AARG)