Home Berita Kemeriahan HUT Kota Merauke Ke – 118

Kemeriahan HUT Kota Merauke Ke – 118

43

NABIRE, JELATANP.COMPawai budaya nusantar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Merauke yang ke 118 digelar pada hari Rabu lalu 12 Februari 2020

Kegiatan Pawai budaya nusantar tahun ini diikuti oleh seluruh suku atau sub suku se nusantara yang ada di Kabupaten Merauke. Dengan mempertunjukan seni budaya khas daerahnya masing-masing.

Sekitar 40 peserta sejak jam 08.00 wit telah memenuhi kompleks seputaran Lingkaran Brawijaya Merauke (Libra) yang dibuat sebagai titik awal kegiatan ini

Kegiatan tersebut mendapat berbagai apresiasi dari masyarakat. Antusiasme para peserta terlihat sejak pagi di mana para peserta sudah memulai pertemuan kompleks libra tersebut. Dan untuk para peserta yang tiba di awal, kami peserta dari Kampung Wasur yang mana merupakan Suku Marori Mangei.

Pawai budayal di rangka HUT Kota Merauke ke 118 tahun agak sedikit berbeda dg tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini hanya diprioritaskan untuk diperuntukan untuk budaya atau suku yang ada di Kabupaten Merauke.

Drs. Ramadayanto saat ditemui dalam kesibukannya selaku ketua panitia menyatakan bahwa:
“Dari sisi kualitas pawai budaya tahun ini lebih memiliki nilai tambah karena menampilkan seluruh suku, subsuku yang ada di Kota Merauke. Sisi lain dari tahun ini kurang pesertanya pada tahun-tahun sebelumnya” .

Tambahkan pula, untuk tahun sebelumnya sekolah- sekolah dan SKPD juga disertakan sehingga jumlahnya jauh dari tahun ini. Namun untuk budaya, tahun ini sangat banyak, hampir 40an peserta yang ikut serta menyemarakan HUT Kota Merauke, sambung Ramadayanto yang juga ikut selaku Kepala Badan KESBANGPOL Kabupaten Merauke.

Hilarius Yame, Kepala Suku Besar masyarakat Awyu yang ikut serta dalam kegiatan pawai tahun ini jug mengapresiasikan pawai tahun ini yang menggunakan baik dengan catatan.

“Kegiatan pawai budaya nusantara tahun ini sangat baik karena diikuti oleh semua suku dan budaya semua daerah yang ada di Kota Merauke, namun yang perlu diperhatikan adalah peserta …. Ini pesta rakyat maka semua pemangku kepentingan wajib diberikan” kata Hilarius saat istirahat bersama kelompoknya.

Seluruh peserta berjalan menuju Kantor Bupati Kabupaten Merauke yang dibuat sebagai tujuan akhir atau garis selesai dari kegiatan pawai budaya nusantara dalam rangka HUT Kota Merauke ke 118.

Jelata News Papua/Aleks