Home Buku Kata yang Menghidupkan

Kata yang Menghidupkan

78

Judul:

Kata yang Menghidupkan (Kumpulan Kata Inspiratif Dumupa Odiyaipai)

Penerbit:

Ikan Paus

Penulis:

Yakobus Odiyaipai Dumupa

Tahun Terbit:

2019

Tebal:

459 halaman

ISBN:

978-623-92420-0-8

Kata yang Menghidupkan adalah sebuah buku kumpulan kata inspitatif karya Yakobus Odiyaipai Dumupa. Penulis yang bernama pena ‘Dumupa Odiyaipai’ ini telah menyempatkan dirinya dalam kesibukannya sebagai bupati Kabupaten Dogiyai periode 2017-2022 untuk menulis dan menerbitkan bukunya yang ke-10 ini.

Penulis mengungkapkan, kata-kata inspiratif dalam buku ini telah dipublikasikannya secara lepas di media sosial (facebook).

Uniknya, ia menulis dan menerbitkan dalam situasi dan kapasitas apapun: yang dimulainya sejak masih kuliah, menganggur, menjabat sebagai Anggota Majelis Rakyat Papua, hingga menjabat sebagai Bupati Dogiyai.

Dalam catatan pengantar, penulis menyatakan, perubahan itu terjadi kapan dan di mana saja. Yang terpenting adalah bagaimana manusia menjemput dan merasakan kebahagian di tengah perubahan yang sedang terjadi. Salah satunya dengan membagi inspirasi kepada sesama manusia.

Berikut ini adalah tiga kata inspirasi yang terdapat dalam buku ini:

Manusia tak dapat menolak kematian, walaupun kebanyakan manusia tak menginginkannya. Sebab kematian adalah anugerah Tuhan sebagaimana kehidupan. (Hal. 103)

 

Alasan paling bijak menghormati manusia adalah kemanusiaannya. (Hal. 22)

 

Jangan mengatakan orang lain tak dapat melakukan sesuatu sebelum kamu memberi ia kesempatan untuk melakukannya. (Hal. 170)