Home Sosial Politik Ini Pernyataan “Mosi Tidak Percaya” dari PNWP Fraksi PRD Wilayah Meepago Kepada...

Ini Pernyataan “Mosi Tidak Percaya” dari PNWP Fraksi PRD Wilayah Meepago Kepada Kepemimpinan Buktar Tabuni

151

Nabire, Jelatanp.com – Pernyataan “Mosi ketidakpercayaan” dari PNWP Fraksi PRD Se-wilayah Mepago terhadap kepemimpinan Tn. Buktar Tabuni yang menganggap ingkonsituasional dalam hal pengambilan sejumlah keputusan yang tidak Demokratis dan hanya bersifat sepihak. Karenanya, kami Nyatakan Sikap!

Berikut ini adalah, Sikap Pemimpin PNWP Fraksi PRD se-wilayah Meepago:

1. Parlemen Nasional West Papua (PNWP) belum memiliki keputusan bersama secara Demokratis tentang perubahan arah dan bentuk Konstitusi ULMWP dari wadah Koordinatif ke Trias Politica. Karena itu kami anggap kesalahan fatal dan ingkonsituasional.

2. Parlemen Nasional West Papua (PNWP) secara Lembaga bellum memiliki keputusan Demoktis tentang perubahan Lembaga PNWP menjadi Legislatif ULMWP, itu adalah keputusan sepihak seorang diri Tn. Buktar Tabuni dan komplotannya. Kami secara Organisasi tidak pernah putuskan hal itu. Maka kami menolak.

3. Kami Secara Lembaga (PNWP) belum punya keputusan Kolektif tentang perubahan New Guinea Read menjadi Dewan Cancil dan dibawah konstitusi 1961 dan 1971, Serta ruba tujuh Fraksi Parlemen. Maka kami nyatakan tidak sepakat, dan itu hanya keputusan Personalia seorang Tn. Buktar Tabuni.

4. Keputusan membentuk Pemerintahan sementara & Undang-Undang sementara adalah juga bukan bagian keputusan kita bersama, itu hanya seorang Buktar mengunakan Legitimasi Lembaga PNWP dalam Legislatif ULMWP, lalu membentuk sewenang-wenangnya tanpa ada Ruang Demokrasi yang leluasa diinternal pimpinan Parlemen Nasional West Papua sebagai Lembaga Representatif Bangsa Papua Barat.

5. Sejak Tn. Buktar Tabuni menduduki sebagai Ketua PNWP, Marwa dan Konstitusi PNWP sebagai tempat pengambilan keputusan secara Demokratis dilacurkan dan tak terlihat secara leluasa, sampai hingga kini keputusan-keputusan yang diambilnya pula tak Demokratis, sehingga kami benar-benar tidak percaya terhadap Kepemimpinan Beliau.

Berdasarkan beberapa point pertimbangan diatas, kami Pimpinan Fraksi & PRD Wilayah Mepago melayangkan “Mosi Tidak Percaya” Kepada Tn. Buktar Tabuni untuk memimpin PNWP selanjutnya. Karena, pada prinsipnya kami menemukan berbagai hal yang dianggap Ingkonsituasional, seperti beberapa Point yang kami sudah tulis diatas.

Sehingga, kami pengurus Fraksi dan PRD se-wilayah Meepago mendesak kepada Panitia untuk segera laksanakan Konferensi untuk merombak dan menggantikan oknum-oknum tersebut yang sedang memainkan Lembaga Representatif Politik Bangsa Papua. Karena itu kami ingin mengembalikan Marwa Konstitusi PNWP yang sesungguhnya, demi menjawab dan mempertangungjawabkan sejumlah Ekstalasi Politik Bangsa West Papua.

Karena juga, selama ini kami anggap kehilangan New Guinea Raad sesungguhnya, yang adalah merupakan Lembaga terpenting yang harus ada dalam realitas Penindasan untuk Bertanggungjawab dan mengawal agenda-agenda Politik Bangsa Papua baiik itu, agenda Kombatan Militer TPNPB OPM, bahkan agenda dari sipil. Sehingga akhir dari itu kami menolak semua agenda-agenda personal Buktar Tabuni, dan kami PNWP Fraksi & PRD se-wilayah Meepago siap kawal Konferensi Nasional hingga sukses.

Akhirnya pernyataan “Mosi Ketidakpercayaan” Ini dibuat oleh, seluruh Pimpinan PNWP Fraksi dan PRD se-wilayah Meepago.
Berikut ini adalah Pimpinan PNWP Fraksi PRD Se-wilayah Meepago

1. Ketua Fraksi Mepago
(A g u s T e b a i)

2. Ketua PRD Deiyai
(K r i s. B a d i i)

3. Ketua PRD Dogiyai
(V i n c e n t T e b a i)

4. Ketua PRD Mapia
(E n a to b y D e m y Tagi)

5. Ketua PRD Intan Jaya
(N o r b e r t D e n d e g a u)

6. Pengurus PRD Nabire
(Y u l i u s D e g e i)

7. Ketua PRD Paniai
(E l i a s B u n a i)

Reporter: Aleks Waine