Home Berita Ini Penjelasan Terkait BLT Dana Desa di Kampung Ugikebo

Ini Penjelasan Terkait BLT Dana Desa di Kampung Ugikebo

124

Dogiyai, Jelatanp.com_sesuai intruksi Adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD), maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung ( DPMPK) mengambil kebijakan dengan mengutus staf dari dinas setempat untuk melalukan pengawasan (monitoring) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang dibagikan ke- 79 kampung yang ada di kabupaten Dogiyai. Salah satu staf honorer dari DPMPK, Donatus Douw yang ditugaskan di kampung Ugikebo dalam monitoringnya menjelaskan di hadapan masyarakat bahwa BLT tersebut bersumber dari dana desa.

“BLT ini sebenarnya bersumber dari Dana Desa tahap pertama 40% yang dialokasikan untuk masyarakat, jadi selama ini dikerjakan padat karya tunai atau cara lain itu yang sementara ini dialihkan menjadi BLT karena situasi virus corona”, ujar donatus di hadapan masyarakat dari halaman Balai kampung Ugikebo, sabtu, 27/06/2020.

Dia juga memberikan pemahaman terkait pemberian Dana Desa dalam setahun dimana sesuai peraturan pencairan Dana Desa dibagi dalam tiga tahap, pertama dana desa dianggarkan 40%, kedua 40% dan ketiga 20%. “besaran pencairan dana pertahap ini terus mengalami perubahan sesuai perubahan peraturan anggaran dana desa”, jelas Donatus.

Sesuai instruksi, lanjut Donatus, yang berhak menerima BLT adalah masyarakat yang memiliki Nomor Induk Keluarga (NIK) agar tidak terjadi kesalahan dalam memberikan laporan pertanggungjawaban. ” jadi yang penting itu setiap keluarga harus memiliki kartu keluarga”, katanya.

Sementara itu masyarakat dan kepala kampung Ugikebo memberi apresiasi karena Dinas terkait bisa mengutus staf untuk mengawasi BLT Dana Desa agar tidak terjadi kecurigaan antara masyarakat dan seperangkat pemerintahan kampung. Masyarakat juga berharap kedepan utusan dari Dinas dalam pengawasan pencairan Dana Desa harus ada, supaya ada transparansi penggunaan dana dan tidak saling mencurigai seperti yang sering terjadi.

(Jelatanp/Hengky Bobii)