Home Berita DPRD Dan Kadis Pantim: Pasar Sentral Paniai Dalam Waktu Dekat Akan Diresmikan

DPRD Dan Kadis Pantim: Pasar Sentral Paniai Dalam Waktu Dekat Akan Diresmikan

210

PANIAI, JELATANP.com – Bupati Paniai Meki Nawipa akan meresmikan Pasar Sentral Enarotali. Pasar Sentral tersebut merupakan pusat pembelanjaan serta pusat perdagangan bagi masyarakat Paniai, karena pasar yang dibangun di Kabupaten Paniai oleh Pemda Paniai melalui Dana anggaran 2019 ini, agar supaya Mama Paniai jangan ada lagi yang jual di pinggir jalan.

Pembangunan pasar tersebut telah dimulai sejak tahun 2018, tetapi beberapa kali mengalami penundaan peresmian sejak Mei 2019. Pembangunan pasar tersebut berasal dana dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Paniai. Pembangunan sudah selesai tapi Pasar itu belum diresmikan.

”Selain memberikan penjelasan oleh kepala Distrik Paniai Timur, ini juga mendorong pelaksanaan reformasi penyelenggaraan pemerintah daerah. Jadi output yang dihasilkan bukan saja pembangunan fisik pasar, tetapi juga adanya perbaikan yang berarti dalam sistem penyelengaraan pemerintah daerah,” ujar Alfred Yogi pada hari Senin,(09/03/2020) kemarin.

Alfred Yogi juga menyampaikan, dalam pelaksanaan tiga agenda reform, Pemkab Paniai cukup maju dalam hal reformasi pengadaan barang dan jasa dengan adanya pembaharuan kelembagaan berupa PAU (Procurement Anchor Unit) serta SK Bupati mengenai penanganan pengaduan publik untuk pasar itu.

Arti penting pasar, bukan saja menjadi tempat pertemuan pembeli dan penjual. Tetapi juga dapat menciptakan efek domino yang penting lainnya seperti menciptakan pengelompokan sentral usaha (multi aglomerasi) dan arus informasi yang lancar bagi konsumen dan produsen.

‘Lanjut Yogi, itu juga menciptakan efisiensi bagi konsumen dan produsen, menciptakan lapangan kerja baru, mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan produksi berskala rumah tangga, usaha kecil menengah serta jasa perbankan dan jasa-jasa lainnya”, tambahnya.

Peresmian pasar tersebut dihadiri perwakilan dari sejumlah anggota DPRD Kabupaten Paniai masa jabatan 2019/2024, sejumlah pejabat SKPD, serta para tokoh masyarakat dan pedagang yang akan menempati pasar tersebut.

Sementara itu, Kepala Distrik Paniai Timur, Alfred Yogi menyampaikan bahwa, pembangunan Pasar Sentral ibu kota Enarotali digagas setelah melihat kondisi real dari berada di jalur jalan dan sudah melampaui usia teknis bangunan, selain itu pada hari-hari tertertentu pasar itu mampu menampung pedagang dan pembelinya.

“Pasar yang dibangun di atas lahan seluas terdiri dari kios sebanyak 256 unit, lods 536 unit serta pelataran yang dapat menampung sekitar 816 unit tempat jualan. Pasar ibu kota Enarotali juga dilengkapi kantor pengelola, pelataran parkir yang cukup luas dan pos keamanan sekaligus pos retribusi,” jelas Yogi.

Pewarta : Boas/JNP