Home Meepago Distribusi Bantuan Bahan Makanan COVID-19 beberapa Distrik di Dogiyai memilih menolak

Distribusi Bantuan Bahan Makanan COVID-19 beberapa Distrik di Dogiyai memilih menolak

116

Dogiyai, jelatanp.com – Senin, 1/6/2020, Pemerintah Kabupaten Dogiyai melakukan pendistribusian bantuan bahan makan (Bama) berupa beras kepada warga terdampak Covid-19 di Dogiyai, beberapa distrik diantaranya memilih menolak.

Penolakan tersebut lantaran dugaan warga atas pembagian bahan makan tersebut tidak lengkap, sementara dugaan lainnya adalah oleh mereka menilai Pemerintah Kabupaten Dogiyai lambat dalam penyalurannya.

7 distrik dari 10 distrik di Dogiyai memilih menolak terima bantuan Bahan Makanan berupa beras tersebut. Ketujuh distrik tersebut diantaranya Distrik Kamuu, distrik Kamuu Selatan, Distrik Mapia, distrik Mapia Barat, Distrik Mapia Tengah, Distrik Piyaiye, Distrik Sukikai Selatan.

“Ini harusnya sudah masuk bulan ketiga, kenapa baru dilakukan pembagian, semua harus dijelaskan. Saya kaget, tiba-tiba tanpa sepengetahuan kami (Warga) beras diturunkan di kantor desa, harusnya ini kami harus lebih paham tentang itu, ‘kan kami yang di lapangan, kami yang hadapi masyarakat” ungkap Yohanes Tebai, salah satu warga kabupaten Dogiyai.

Ia mengungkapkan, setidaknya perangkat desa dan warga mesti paham tentang penyaluran Bama tersebut, jangan tiba-tiba datang turunkan beras tanpa penjelasan lebih, dari mana, oleh siapa dan bulan ke berapa dan berapa bantuan yang patut didapat itu harus jelas.

Dari pantauan media ini, Para perangkat desa dan warga distrik Kamuu sempat mengundang Kepala Distrik Kamuu, Maxsimus Dogomo untuk memperjelaskan bantuan bahan makanan tersebut, namun penjelasannya tak memuaskan bagi mereka. Kemudian diundanglah Kepada Dinas SOSIAL dan Kepala Dinas BPBD, tetapi itupun penjelasannya tak membuahkan hasil. Terakhir diundanglah Bupati Kabupaten Dogiyai, Yakobus Dumupa untuk memintai penjelasan lebih lanjut.

“Dana bantuan COVID-19 dari Pusat, memang ada, tetapi itu sudah dibagi dalam tiga tupoksi, pertama, untuk bantuan penyediaan alat-alat kesehatan (medis), Kedua penyediaan bahan makanan (pangan), ketiga Bantuan keuangan, namun itupun dibagi perbulan. Sesuai apa yang dikirim dari Pusat itu duluan kami salurkan,” jelas bupati Dogiyai, Senin, 0/6/2020 di halaman Kantor Distrik Kamuu di Mauwa.

Ini yang diinginkan warga
Tentang penyaluran beberapa bantuan COCID-19 di Dogiyai dari peRbincangan beberapa warga dengan pemerintah daerah di beberapa titik, keinginan Warga tak jauh beda. Pembicaraan warga yang berhasil ditangkap media ini, penyaluran semua bantuan pusat, warga berkeinginan disalurkan bantuan tiga bulan harus sekalian bahan makanan (Bama), bantuan social tunai (BST) dan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa.

Dari beberapa negosiasi antara warga Dogiyai dan Bupati berlansgung di halaman Distrik Kamuu, maupun di Lapangan umum Bomomani, mereka (warga) berkeinginan untuk dibagikan bantuan tiga bulan sekali, akhirnya Bupati setuju tawaran warga bahwa penyaluran bantuan bahan makanan (Bama), bantuan social tunai (BST) dan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa akan disalurkan sekalian dalam satu kali penyaluran.

(Jelata News Papua/Tik)