Home Artikel/Opini Dibawah Trik Kesabaran Ada Cahayanya

Dibawah Trik Kesabaran Ada Cahayanya

530

Oleh : Yobo Pogeipai

Setiap orang di dunia ini pasti diberikan ujian masalah. Sudah pasti kita perlu meminta pertolongan kepada Allah ketika kita menghadapi masalah. Namun, sebagai usaha kita di dunia agar tetap sabar dapat melalui renungan kata-kata ini atau nasehat bijak tentang kesabaran dalam tulisan jni. Jika ada masalah yang besar datang pada diri kita, jika kita tidak siap tentu kita dapat menjadi merasa sangat sedih. Segala upaya akan kita lakukan untuk menyelesaikan permasalahan dan agar dapat tetap sabar terhadap apa yang kita hadapi.

Dengan melalui makna isi kata-kata ini, kita dapat melihat sisi positif dari masalah yang sering kita hadapi, dan tidak selalu menganggap masalah itu sebagai sebuah akhir dari suatu usaha. Hal lainnya kita dapat menjadi orang yang lebih tabah dan bisa mengendalikan hawa nafsu saat ada masalah datang menghadang.

Tentu tidak mudah menjadi orang yang sabar. Butuh usaha keras agar bisa menjadi sabar. Kesabaran merupakan sikap untuk menahan emosi atau menahan rasa pedih terhadap suatu masalah. Jika kita masih suka
meluapkan emosi dengan marah-marah, artinya kita belum bisa menjadi orang yang bersabar. Apabila kita ingin menjadi orang yang sabar, berusahalah untuk mengatur emosi yang kita miliki sehingga emosi yang ada di jiwa tidak kita uapkan secara sembarangan.

Namun kita juga bisa menggunakan isi kata-kata sebagai berikut ini sehingga penulis upayakan kata-kata agar untuk melatih kesabaran pada diri kita. Sebab kesabaran sangat diperlukan dalam hal apa saja. Hidup ini butuh kesabaran ekstra.

Sabar Dalam Menghadapi Masalah
Dengan bersabar mendapatkan imbalan setimpal bagi orang orang yang mampu bersabar maka mereka akan mendapat imbalan yang setimpal dengan semua kesabarannya.

Orang yang mampu memiliki sikap sabar akan mendapatkan hasil yang memuaskan atas apa yang diusahakannya. Tentu saja, segala usaha kesabaran dalam menahan emosi akan memberikan hasil yang baik
dibandingkan jika kita menghadapi masalah dengan emosi. Dengan kesabaran, segala masalah dapat diatasi dengan baik. Kita juga akan mampu mendapatkan solusi yang bagus saat menyelesaikannya dengan kepala dingin.

Mendapatkan kebahagiaan
Kebahagian itu hanyalah pantas di dapatkan bagi orang-orang yang mampu menunggu kebahagian itu datang dengan sabar dan lapang dada.

Jika kita ingin mendapatkan kebahagiaan, berusahalah untuk selalu bersabar karena dengan cara ini kita akan memperoleh kebahagiaan. Walaupun pada awalnya kita harus banyak mengalah, namun pada akhirnya kemenangan akan datang pada diri kita.

Menjadi mulia dan terhormat
Sabar dan ikhlas, bisa menjadikan kamu seorang yang mulia dan terhormat di dunia sekalipun kamu bukan apa-apa.

Penulis berharap kata-kata ini sangat menginspirasi. Selain bisa menumbuhkan kebahagiaan, kesabaran bisa membuat kita menjadi orang yang mulia dan terhormat. Tentu saja, orang yang sabar akan selalu menjaga tingkah lakunya, sehingga akan menjadi orang yang santun dalam berbuat. Meskipun saat menghadapi masalah, dia akan selalu menjaga tingkah lakuknya dan tidak berbuat sesuatu yang bisa menurunkan derajatnya seperti dengan tidak mengontrol emosinya.

Cinta datang untuk mereka yang bersabar
Cinta memang terlihat sangat indah, tetapi cinta yang indah akan datang bagi mereka yang mampu bersabar dan setia menunggu keindahan tersebut.

Orang bilang cinta itu indah. Tapi pada kenyatannya, ada banyak orang yang kecewa karena cinta. Lalu yang benar yang mana? Sejatinya, cinta itu indah. Namun, cinta akan indah apabila diberikan kepada orang yang
tepat. Kalau kita tidak memberikan kepada orang yang tepat, bukan keindahan dan kebahagiaan yang akan kita dapatkan namun kepedihanlah yang akan kita dapatkan.

Lanjut. Oleh karena itu, kita harus bersabar menunggu seseorang yang tepat untuk menerima cintanya dengan tulus dan ikhlas. Jangan berikan cinta itu kepada orang yang salah. Cara ini akan memberikan sebuah hasil kenikmatan dan keindahan cinta.

Semua akan membaik
Cinta tanpa masalah dan pertengkaran hanya ada dalam dongeng. Sabar saja ini semua akan membaik.

Setiap hubungan pastilah mengalami suatu masalah. Tidak ada pasangan yang tidak ada pertengkaran di dalamnya. Jika kitapun memiliki pasangan pasti ada pertengkaran-pertengkaran dan masalah yang harus kita hadapi. Masalah tersebut bisa diatasi dengan kesabaran. Jika ada sebuah pertengkaran, maka salah satu pasangan harus bersabar. Jika tidak ada yang bersabar, maka hubungan akan kandas di tengah jalan.

Kuat dan dewasa
Menjadi lebih dewasa dan kuat berarti kita harus belajar pula menjadi orang bisa bersabar.

Semakin tumbuh menjadi dewasa, maka kita akan menghadapi berbagai permasalahan hidup. Untuk itu, kedewasaan juga memerlukan kematangan pikiran dan emosi. Kita harus selalu bersabar dalam menghadapi masalah apapun yang menentang keras pada diri kita.

Sabar menanti pasangan sejati
Orang yang tidak memiliki pasangan hidup adalah orang-orang yang mampu bersabar sampai pasangan sejatinya akan datang menghampirinya.

Sebenarnya, mereka yang tersenyum bahagia bersama pasangannya ialah mereka yang telah berhasil bersabar menanti pasangan hidup mereka.
Pasangan sejati harus dinanti dengan sabar. Banyak orang akan menyatakan cinta kepadanya, namun lihatlah mereka. Apakah kita yakin bahwa mereka memiliki sikap dan kasih sayang yang tulus untuknya? Tidak semua orang memiliki ketulusan dan kesetiaan. Kita harus hati-hati dan bersabar memilih satu diantara mereka untuk menjadi pasangan hidupnya. Walaupun belum ketemu juga, kita tetap harus bersabar sambil memohon kepada Allah supaya segera diberikan jodoh yang terbaik menurut-Nya disertai ikhtiar yang tiada henti.

Tersenyum ikhlas
Orang yang kuat dan sabar adalah orang yg berjaya menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan sentiasa mengukir senyuman dengan ikhlas.

Sebenarnya, mereka yang mampu selalu tersenyum ikhlas bukan berarti tidak memiliki masalah. Namun, mereka mampu menyembunyikan perasaan sedihnya di depan banyak orang. Inilah ciri-ciri orang yang sabar sehingga mampu menjadi orang yang kuat. Dia tidak menampakkan kesedihan kepada orang lain, justru senyuman ikhlas yang selalu dia berikan.

Mengambil hikmah dari setiap masalah
Harus sabar sih, pasti banyak cobaan yang terpenting kita bisa mengambil hikmah dari setiap masalah.

Setiap orang pasti mendapatkan cobaan dalam hidupnya. Yang membedakannya ialah ada orang yang mampu menghadapi permasalahannya sabar, dan ada yang tidak. Sebenarnya, masalah akan dapat diselesaikan dengan baik jika kita selalu bersabar. Percayalah bahwa ada hikmah pada setiap masalah yang datang pada kita. Selain itu, kita harus yakin dan percaya bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan kepada manusia di luar batas kemampuannya. Jadi, apapun masalah yang kita terima, itu sudah diukur oleh Allah sesuai dengan kemampuannya sehingga pasti kita bisa menghadapi dan menyelesaikannya.

Tanpa kesabaran akan merusak segalanya
Yang sudah berjalan baik, tidak ada masalah, kita rusak karena tidak sabar, prasangka, terlalu sensitif dan sebagainya.

Betapa pentingnya kesabaran dalam hidup ini. Kesabaran akan membuat kita selalu bisa menyelesaikan setiap permasalahan dengan baik. Bahkan, kehidupan yang sudah berjalan baik dan bahagia akan rusak jika kita tidak memiliki kesabaran dalam menjalani kehidupan. Jika ada permasalahan kecil, masalah ini akan menjadi besar jika kita tidak memiliki sikap sabar. Agar kehidupan menjadi harmonis, tentram dan damai marilah tanamkan kesabaran pada diri kita. Kita bisa mendapatkan inspirasi dari isi kata ini yang membuat lebih sabar dalam menghadapi masalah di atas.

Taat pada diri sendiri
Nasehati dirimu sendiri sampai engkau taat kepada dirimu. Untuk sabar dan ikhlas kepada segala ketentuan Ilahi Kudus.

Sabar artinya bisa taat pada diri sendiri. Ya, mengontrol diri merupakan tujuan sikap sabar. Mengontrol diri memang tidak semudah yang dibayangkan. Kita harus bisa menahan segala emosi yang berkecamuk di dalam jiwa. Pada awalnya, memang ini akan terasa sulit. Tapi, lama kelamaan kita akan terbiasa sehingga bisa dengan mudah menahan diri.

Sabar terhadap ujian Tuhan
Terkadang kita diuji oleh Tuhan bagaimana kita mampu bersabar ketika kita diberikan suatu cobaan yang disebut dengan ujian dari Tuhan.

Setiap manusia diberikan ujian oleh Tuhan dengan maksud baik. Manusia akan semakin beriman dan mendekatkan diri kepada-Nya saat mendapatkan ujian hidup. Bahkan, derajat manusia akan ditinggikan jika dia mampu melewati ujian yang diberikan dengan baik. Biasanya, orang yang mempu melewati ujian akan memiliki keimanan yang lebih kuat dari sebelumnya, karena dia merasa tanpa adanya bantuan Tuhan, dia bukanlah apa-apa. Tuhan juga memerintahkan manusia untuk senantiasa bersabar dalam menerima ujian yang diberikan-Nya.

Sabar menghadapi masalah
Orang yang sabar bukan berarti orang yang tidak akan pernah marah. Mereka hanya sebagian orang yang masih bisa tetap diam saat melihat masalah.

Bukan berarti orang sabar tidak pernah marah. Orang yang sabar akan memilih diam ketika mereka sedang emosi. Inilah yang disebut sebagai kontrol emosi. Berbeda dengan orang yang tidak sabar, dia akan selalu
marah-marah saat sedang emosi. Sabar dengan keputusan yang tidak sesuai dengan harapan. Adakalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tapi dari situ kita belajar untuk ikhlas dan sabar.

Segala sesuatu tidak akan selalu sesuai dengan harapan kita. Ketika apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan, kita harus bisa bersikap sabar dan ikhlas menerimanya. Percayalah kalau ada hikmah di balik itu semua.

Sabar, tulus dan ikhlas
Pacaran itu bukan hanya sekedar cinta dan sayang, tapi harus belajar untuk tulus, ikhlas dan sabar.

Kesabaran juga diperlukan dalam menjalani suatu hubungan pacaran. Dalam menjalin suatu hubungan, cinta dan sayang saja tidak cukup. Kita harus memiliki sikap sabar, tulus dan ikhlas. Jika semua sikap ini sudah kita miliki, percayalah bahwa hubungan yang kita dapatkan akan berjalan
dengan lancar dan bahagia.

Sabar menghadapi masalah
Belajar menjadi sabar ketika menghadapi masalah akan membuat kita menjadi lebih dewasa dan baik.

Sesungguhnya, masalah yang datang akan membuat kita mendapatkan kedewasaan apabila mampu menghadapi permasalahan dengan sabar. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu bersabar ketika ada masalah yang datang pada diri kita.

Masalah akan cepat selesai
Sabar adalah cara yang harus digunakan untuk menyelesaikan masalah apapun. Seberat apapun, akan cepat diselesaikan dengan kesabaran.

Masalah yang berat dan sulit akan mudah diselesaikan jika kita mampu menghadapinya dengan sabar. Tidak mudah bersikap sabar saat menghadapi masalah yang berat. Tapi, kita tetap harus melakukannya agar masalah yang kita dapatkan cepat bisa terselesaikan dengan baik.

Didikan dari Allah
Ujian itu didikan daripada Allah . Mengajar hati untuk sabar dan ikhlas . Bicara pada Allah untuk kita faham makna redha tanpa ada batas.

Tuhan Allah Pencipta alam dan Manusia memberikan didikan kepada umat-Nya melalu ujian. Dengan cara ini, diharapkan manusia bisa lebih bersabar dan ikhlas dalam menerima segala ketentuan-Nya. Sesungguhnya Tuhan Allah menyukai orang-orang yang bersabar.

Bersabarlah
Ketika masalah datang, Allah tidak meminta kita memikirkan jalan keluar sehingga penat. Tetapi, Allah hanya minta sabar dan berdoa.

Banyak orang merasa pusing dan kewalahan ketika diberikan ujian hidup yang begitu penar. Mereka ke sana ke mari untuk bisa mendapatkan solusi dari masalah yang mereka dapatkan. Bahkan, ada orang yang rela pergi ke dukun untuk meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah yang
dihadapinya. Ini merupakan tindakan menyekutukan Allah. Lantas, apa yang seharusnya dilakukan oleh orang-orang beriman ketika diberikan ujian hidup? Allah memerintahkan untuk bersabar dan berdoa. Jika dua hal sudah dilakukan dengan baik, Allah akan membantu menyelesaikan segala permasalahan yang kita hadapi.

Belajar sabar
Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian.

Memang benar bahwa sabar dan ikhlas itu sulit. Walaupun sulit, sebagai manusia kita harus memiliki kedua sikap itu sehingga bisa menghadapi masalah dengan lebih baik. Setiap kehilangan dan penantian harus
dihadapi dengan sabar. Tanpa kesabaran, orang bisa menjadi depresi saat kehilangan sesuatu atau orang yang dia cintai. Lalu, penantian juga harus dilakukan dengan sabar sampai ada seseorang yang memberikan cinta sejatinya.

Berujung kebahagiaan
Apabila cinta kita jalani dengan sabar dan tulus maka cinta itu akan berujung dengan suatu kebahagian.

Jika kita menginginkan suatu kebahagiaan cinta, maka jalani hubungannya dengan pasangan sebaik-baiknya. Walaupun kita sudah menemukan orang yang tepat, tanpa menjaga hubungan tersebut, orang yang tepat tidak akan membuatnya bahagia. Kita harus memiliki kesabaran dan ketulusan sehingga kita akan mendapatkan kebahagiaan.

Kunci sukses menjalani cobaan
Sabar dan Ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang Tuhan beri, agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan.

Untuk bisa menjalani segala cobaan yang Allah berikan, kita harus sabar dan ikhlas. Kedua hal ini merupakan sikap yang sangat penting untuk dimiliki karena akan membuatnya semakin kuat dalam menjalani kehidupan ini.

Kebahagiaan untuk orang yang sabar
Bahagia itu datang bersama sabar dan perginya bahagia bersama ikhlas.

Dua hal yang saling berhubungan ialah sabar dan ikhlas. Jika keduanya sudah kita dapatkan, maka kita akan mendapatkan kebahagiaan yang sejati.

Berjuang menjadi orang yang sabar
Untuk menjadi orang yang mampu bersabar memang tidak mudah, tetapi kita harus bisa menjadi orang yang sabar demi kehidupan kita nanti.

Walaupun sulit untuk bersabar, kita tetap harus optimis dan selalu mencoba untuk melakukannya. Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan bersabar. Masa depan akan lebih baik jika kita mampu bersabar dalam menghadapi segala permasalahan yang terjadi. Semoga melalui makna ini, kita bisa menjadikannya sebagai inspirasi dalam menjalani kehidupan yang sungguh penuh dengan lika liku ini. Tanpa adanya kesabaran, kita tak akan mampu bertahan dalam menghadapi segala permasalahan yang terjadi.

Selain memiliki kesabaran yang tinggi, kita juga harus memiliki sikap ikhlas. Setiap cobaan yang datang menimpanya harus dihadapi dengan sabar dan ikhlas. Bahkan, Tuhan Allah juga menyuruh hamba-Nya untuk selalu bersabar dan ikhlas dalam menghadapi setiap ujian yang diberikan-Nya. Apapun masalah yang kita hadapi, jangan lupa untuk selalu menjunjung tinggi kesabaran.


Penulis adalah seorang peziar kata di Media Online